Kejadian PLH (peristiwa luar biasa hebat) terakhir pada tahun 2014 dimana saat lokomotif CC2030203 atau lokomotif CC 203 40 menghantam truck fuso di PJL Jemursari Surabaya menyebabkan bemper/cowhangernya rontok. Jika diibaratkan seperti orang ompong yang giginya rampal semua. Tapi lokomotif dalam keadaan aman, walaupun as rodanya sempat keluar dari jalur rel.
Setelah di perbaiki di Balai Yasa yang di bawa oleh lokomotif (entah berapa nomornya) jadi bukan di titipkan pada lokomotif yang berdinas menarik KA tertentu. Perjalanan dari Sidotopo tujuan BY Pengok berlabel PLB 8025 dari SGU - YK keberangkatan pagi sekitar pukul 08.25 an. BY Pengok mencopot bagian yang menyembul tersebut dan berganti menjadi datar. Namun keunikan lain mucul setelah BY Pengok mencopot bagian yang menyembul tersebut. Yakni kaca depan yang tidak bertralis.
Saat sudah kelar PA (penyelesaian akhir) oleh BY Pengok, lokomotif CC20340 di titipkan KA Mutiara Selatan (KA 114) dengan sistem traksi ganda atau Dobel Traksi (DT). Terlihat bemper atau cowhangernya berwarna merah, DT nya terletak di belakang lokomotif Utama KA 114 Mutiara Selatan bandung-Surabaya Gubeng. Baiklah, demikian sekelumit tentang Lokomotif CC20340 alias CC2030203 yang mengalami dinamika beberapa tahun terakhir.
Untungnya Lokomotif CC 20340 tidak menjadi Lokomotif yang "bader" dan "angker", dan hal2 yang berbau klenik terutama setelah peristiwa Petarukan yang merengut banyak nyawa Orang tak bersalah.
ReplyDelete