Hal ini untuk mengakomodasi para penumpang yang tidak kebagian tiket selama Lebaran ataupun liburan. Pemesanan tiket kereta api lebaran tahun ini cukup rumit disebabkan oleh akses ke website pemesanan tiket kreta api yang masih down atau bebannya terlalu berat menampung pengunjung yang banyak. Walaupun tahun ini lebih baik dari tahun kemarin. Begitu pula Liburan tahun baru dan liburan sekolah sudah dimulai, dan banyak sekali permintaan tiket atau seat kereta api. Kereta ekonomi menjadi pilihan, karena saat ini harganya murah yang menjangkau kota yang sangat jauh.
Daftar Kereta Api Tambahan Lebaran 2018
NAMA KA | RELASI - PP | Berangkat |
Argo Lawu Fakultatif | Solo Jakarta ( Solobalapan-Gambir) | 09.00 |
Argo Lawu Fakultatif | Jakarta Solo ( Gambir-Solobalapan) | 21.15 |
Argo Dwipangga Lebaran | Solo Jakarta ( Solobalapan-Gambir) | 21.30 |
Argo Dwipangga Lebaran | Jakarta Solo ( Gambir-Solobalapan) | 10.00 |
Taksaka Lebaran | Yogyakarta Jakarta ( Yogyakarta-Gambir) | 06.40 |
Taksaka Lebaran | Jakarta Yogyakarta ( Gambir-Yogyakarta) | 19.30 |
Taksaka Lebaran | Yogyakarta Jakarta ( Yogyakarta-Gambir) | 22.15 |
Taksaka Lebaran | Jakarta Yogyakarta ( Gambir-Yogyakarta) | 10.15 |
Argo Muria Lebaran | Semarang Jakarta ( Semarang Tawang-Gambir) | 07.00 |
Argo Muria Lebaran | Jakarta Semarang ( Gambir-Semarang Tawang) | 13.45 |
Argo Sindoro Lebaran | Semarang Jakarta ( Semarang Tawang-Gambir) | 16.50 |
Argo Sindoro Lebaran | Jakarta Semarang ( Gambir-Semarang Tawang) | 23.45 |
Gajayana Lebaran | Malang Jakarta ( Malang-Gambir) | 19.45 |
Gajayana Lebaran | Jakarta Malang ( Gambir-Malang) | 23.30 |
Sembrani Lebaran | Surabaya Jakarta ( Pasar Turi-Gambir) | 09.00 |
Sembrani Lebaran | Jakarta Surabaya ( Gambir-Pasar Turi) | 16.45 |
Purwojaya Lebaran | Cilacap Jakarta ( Solobalapan-Gambir) | 08.20 |
Purwojaya Lebaran | Jakarta Cilacap ( Gambir-Cilacap) | 16.00 |
Lodaya Lebaran | Solo Bandung ( Solobalapan-Bandung) | 08.15 |
Lodaya Lebaran | Bandung Solo ( Bandung-Solobalapan) | 20.20 |
Lodaya Lebaran | Solo Bandung ( Solobalapan-Bandung) | 22.05 |
Lodaya Lebaran | Bandung Solo ( Bandung-Solobalapan) | 09.35 |
Sancaka Lebaran | Surabaya Gubeng - Yogyakarta | 09.40 |
Sancaka Lebaran | Yogyakarta - Surabaya Gubeng | 17.50 |
Cirebon Ekspres Fak | Cirebon - Jakarta ( Cirebon - Gambir) | 16.45 |
Cirebon Ekspres Fak | Jakarta Cirebon (Gambir - Cirebon) | 20.30 |
Argo Jati Tambahan | Cirebon - Jakarta ( Cirebon - Gambir) | 21.15 |
Argo Jati Tambahan | Jakarta Cirebon (Gambir - Cirebon) | 00.40 |
Argo Jati Fak | Cirebon - Jakarta ( Cirebon - Gambir) | 11.00 |
Argo Jati Fak | Jakarta Cirebon (Gambir - Cirebon) | 07.15 |
Senja Utama CN Fak | Cirebon - Jakarta ( Cirebon - Gambir) | 15.10 |
Senja Utama CN Fak | Jakarta Cirebon (Gambir - Cirebon) | 05.45 |
Kutojaya Utara Tambahan | Kutoarjo - Pasar Senen | 10.40 |
Kutojaya Utara Tambahan | Pasar Senen - Kutoarjo | 23.20 |
Kutojaya Utara Lebaran | Kutoarjo - Pasar Senen | 20.30 |
Kutojaya Utara Lebaran | Pasar Senen - Kutoarjo | 08.30 |
Kutojaya Selatan Lebaran | Kutoarjo - Kiaracondong | 11.10 |
Kutojaya Selatan Lebaran | Kiaracondong - Kutoarjo | 23.30 |
Kertajaya Lebaran | Pasar Turi - Pasar Senen | 23.35 |
Kertajaya Lebaran | Pasar Senen -Pasar Turi | 08.45 |
Tawang Jaya Lebaran | Semarang Poncol - Pasar Senen | 09.15 |
Tawang Jaya Lebaran | Pasar Senen - Semarang Poncol | 19.45 |
Brantas Lebaran | Blitar - Pasar Senen | 13.55 |
Brantas Lebaran | Pasar Senen - Blitar | 18.00 |
Matarmaja Lebaran | Malang - Pasar Senen | 19.00 |
Matarmaja Lebaran | Pasar Senen - Malang | 18.45 |
Pasundan Lebaran | Surabaya Gubeng - Kiaracondong | 05.35 |
Pasundan Lebaran | Kiaracondong - Surabaya Gubeng | 06.45 |
Inilah kelebihan dan kekurangan kereta tambahan.
kelebihan kereta tambahan yaitu daya angkut jadi lebih banyak. Para penumpang bisa terangkut semua dengan kereta api tambahan ini. Ada pilihan jadwal, karena biasanya kereta reguler berjalan sekali dalam sehari. Kalau tidak bisa bepergian pagi, ya bepergian siang atau sore. Mobilitas menjadi cepat dan mudah. Kereta Api Tambahan sama fasilitasnya dengan kereta api reguler dengan harga tiket yang sama pula.
Kekurangan kereta tambahan ada pada jadwal yang padat pada perjalanan kereta api. Padatnya jadwal ini dikarenakan ada sela tambahan jadwal pada ka reguler. Bukan tidak mungkin ka reguler akan disusul ka tambahan jika ka regulernya mengalami trobel di jalan. Belum jika ada salah satu rangkaian kereta yang rusak, maka akan mengganggu perjalanan kereta api lainnya.
Berikutnya adalah berkurangnya stok lokomotif yang ada di dipo induk. Dengan berkurangnya lokomotif, otomatis mengurangi cadangan lokomotif. Jika sewaktu-waktu ada mogok di jalan, penanganan lokomotif penolong berjalan lama. Hal ini sangat mengganggu kelancaran menggunakan transportasi kereta api.
Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Angkutan Kereta Api
Demikianlah kelebihan dan kekurangan kereta tambahan dalam rangka Lebaran dan liburan tahun baru serta liburan sekolah ini. Semoga menambah wawasan anda tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan kereta api tambahan.
Tapi walaupun padat kayanya ga bakalan macet kan mas :d
ReplyDelete